Selasa, 25 November 2014

Merek atau Brand Adalah Aset Perusahaan

Bulan Desember adalah bulan yang spesial. Spesial bukan karena sebentar lagi tahun akan berganti. Tapi spesial karena pada bulan inilah hampir 10% anak mencari tempat ritual bahkan moment penting dalam hidup anak. Itulah moment sunatan. Moment yang ditanggapi serius para orangtua dan anak-anak itu sendiri tentunya. Moment antara takut, gembira, tawa dan suka cita menjadi satu.

Suasana pasien sunatan di Rumah Sunatan Batam
Rumah Sunatan sejak berdiri di tahun 2007 terus membangun brand bahwa sunatan sebagai moment penting dalam hidup anak adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Karenanya Rumah Sunatan ingin membangun brand image bagi masyarakat Indonesia, "jika ingin sunatan ya di Rumah Sunatan". Brand adalah aset, membangun brand adalah membangun perusahaan itu sendiri. Brand yang baik adalah Brand yang mewakili seluruh elemen yang hadir didalam proses bisnis perusahaan tersebut.

Brand akan menciptakan trust, jika brand sudah dirasa cocok maka costumer akan setia menggunakan brand tersebut. Bahkan yang lebih dahsyat lagi, costumer akan merekomendasikan brand tersebut. Ada beberapa syarat sehingga brand sebuah perusahaan itu semakin diterima pasar. 

Info Franchise dan Business Concept Expo 2013 di Balai Kartini, Jakarta
Pertama, Brand harus relevan, meski tidak harus tapi nama bran yang relevan dengan produk atau jasa akan membuat brand image semakin kuat.

Kedua, usahakan brand harus bersifat dinamis dan fleksibel, ini juga tidak kalah pentingnya. Artinya harus memiliki kemampuan untuk terus berinovasi, sekalipun masih dalam niche produk yang sama. cara ini bertujuan agar bisnis bisa bertahan sekaligus tidak ketinggalan zaman.

Ketiga, tingkatkan interaksi dengan audience, sekarang bisa memanfaatkan berbagai macam teknologi digital marketing seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Sebaiknya untuk berinteraksi dengan mereka ciptakan website yang memberi solusi untuk masalah mereka. Optimasikan websitenya dan jadilah pemberi solusi yang terbaik bagi costumer. Dalam membuat web harus yang mudah diingat, misalnya untuk pemilihan nama domain jangan yang terdiri dari kosa kata sulit atau lebih dari tiga kata.

Mengembangkan branding yang teroptimasi dengan baik, akan mempercepat brand untuk dapat dikenal luas. Rumah Sunatan selalu melakukan branding diberbagai event-event pameran dan expo. Dengan menjadi mitra franchise Rumah Sunatan sesungguhnya sudah dimudahkan dengan persoalan bagaimana membangun brand. Karena bermitra dengan usaha yang brandnya sudah dikenal cukup meringankan seorang enterpreneur dalam membangun brand.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar